Blogger Widgets

Search This Blog

Monday, 16 May 2016

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tertekan Sendiri

Beberapa waktu lalu, saya memperbaiki keyboard laptop yg tertekan sendiri. sebenarnya dulu sudah pernah saya bahas. namun setelah saya analisa lebih lanjut. ada beberapa hal yg ditemukan oleh saya dan menurut saya apa yg sering di bahas kemungkinan ada sedikit kesalahan. sebagai contoh, menggunakan pemotong untuk menggores lapisan keyboard pada laptop yg bisa mengakibatkan kerusakan fatal. pada hari ini, saya akan coba jelaskan kenapa komponen keyboard kita dan apa yg harus kita lakukan untuk memperbaikinya.

Berdasarkan analisa yg telah saya kumpulkan untuk memperbaiki keyboard laptop.
Menggunakan pemotong untuk memperbaiki keyboard sebenarnya boleh, namun jika mengenai jalur utama pelat besi pada keyboard laptop,
maka bukannya baik tapi malah akan mengakibatkan keyboard tidak berfungsi sama sekali. alasannya mudah, kemungkinan saat kita menggores komponen tersebut, jalur pelat besi yg menyambung ke tombol keyboard terputus. maka dari itu kita harus berhati-hati dalam memperbaiki keyboard. dari hasil analisa saya, keyboard laptop itu memiliki 3 lapisan kertas yg bisa kamu angkat dengan pinset. jadi tidak perlu menggores, cukup di angkat dengan pinset lalu bersihkan debu yg melekat di dalam lapisan keyboard tersebut.

Lapisan pertama yg terletak di atas memiliki 1 pelat besi tidak tersambung seperti titik dan apabila ditekan maka titik tersebut akan mengenai titik pada lapisan ketiga dan akhirnya memunculkan atau menampilkan respons tombol pada layar sesuai dengan yg ditekan. pada lapisan yg kedua adalah sebagai penghalang agar lapisan pertama dan ketiga tidak tersambung langsung yg pada akhirnya menyebabkan tombol keyboard laptop tertekan sendiri. sedangkan pada lapisan ketiga adalah komponen utama yg tersambung dengan beberapa jalur pelat besi sampai kepada laptop. sekarang kamu sudah tahu komponen keyboard tersebut. berikutnya kita akan mencoba beberapa cara untuk memperbaikinya.

Memperbaiki keyboard laptop yg tertekan terus.
Hal pertama yg harus kita lakukan adalah cek virus, jika saat di desktop windows keyboard tertekan sendiri. maka kita harus cek apakah sebelumnya mendapatkan file dari internet atau tidak. jika ya maka hapus dahulu file tersebut atau lepas. kemudian uji kembali laptopmu. yg kedua, adalah dengan mematikan laptop lalu kemudian hidupkan lagi. dengarkan suara laptop sebelum logo windows tampil. apakah laptop jadi hang (layar blank gelap), atau ada suara seperti alarm yg berbunyi terus. jika ya bisa dipastikan memang kerusakan keyboard pada laptop yg bisa di akibatkan oleh debu atau hal lainnya. tapi jika tidak ada suara ataupun error sebelum logo windows, dan pada akhirnya ternyata hanya bermasalah saat di desktop saja. maka bisa dipastikan ada infeksi virus yg mengakibatkan keyboard laptop tertekan terus.

Untuk laptop yg di infeksi oleh virus, kita uji lagi dengan cara menekan tombol F8 setelah logo pertama muncul. lalu kemudian kita mencoba ke menu safe mode windows, untuk tombol lainnya ada F12 dan sebagainya, jadi silahkan di coba sendiri. setelah berhasil memasuki menu safe mode windows, kita akan melihat bahwa keyboard laptop berhenti tertekan sendiri. maka setelah itu bersihkan virus dengan antivirus favorit kita. jika kamu bertanya kenapa kita harus scan dengan antivirus melalui safe mode windows, alasannya mudah. jika di mode normal, maka akan sedikit susah untuk menggunakan antivirus dan sebagainya karena tombol pada keyboard selalu tertekan sendiri, sedangkan di safe mode windows, dan jika memang virus yg bekerja, maka keyboard pasti akan berhenti tertekan sendiri. sudah paham sekarang kan.

untuk kerusakan karena debu atau hal lainnya, maka kita lihat dulu tombol bagian mana pada keyboard yg tertekan sendiri. sebagai contoh. huruf A. maka angkat tombol tersebut hingga terlepas dari komponen keyboard. kemudian gunakan 2 buah pinset untuk mengangkat dan mendorong debu hingga keluar dari komponen. jadi 1 pinset untuk mengangkat, dan 1 nya lagi untuk mendorong. jika memang benar terkena debu, maka laptop akan kembali normal. sedangkan jika masih mengalami masalah keyboard tertekan sendiri, maka coba dengan analisa tombol lainnya, apakah tombol yg lain juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan tombol utama rusak. bersihkan juga tombol lainnya. menurut saya, lepaskan keyboard dari laptop lalu bersihkan dengan cara menepukkan keyboard ke tangan agar seluruh debu keluar.

Jika sudah namun masih bermasalah, bisa juga karena ada karat akibat air yg mengenai keyboard laptop atau keringat tangan dan sebagainya. untuk masalah ini saya belum menemukan solusi yg tepat. tapi kamu bisa mencoba dengan pembersih karat untuk mengatasi masalah ini. jangan gunakan air biasa karena hanya akan menambah kerusakan pada keyboard laptop. air akan menyebabkan kertas menjadi berbekas dan akhirnya besi pun menjadi bertambah karat. sedangkan jika menggunakan bahan lainnya seperti bensin dan sebagainya mungkin akan menyebabkan lapisan kertas menjadi rusak. mungkin akan saya tuliskan lagi kelanjutannya jika sudah berhasil menemukan solusi yg tepat untuk karat yg ada pada keyboard laptop.

Demikian pembahasan kita tentang cara memperbaiki keyboard laptop tertekan sendiri.

No comments:

Post a Comment