Blogger Widgets

Search This Blog

Tuesday, 19 April 2016

Cara Memperbaiki HP Samsung Android Hang

Cara Memperbaiki HP Samsung HangBanyak hal yang bisa memicu terjadinya hang pada ponsel Anda. Secara teori, semakin banyak fitur atau menu yang terdapat pada handphone tersebut, maka potensi untuk terjadi hang semakin besar. Oleh karena itu, sebagai pengguna anda diharuskan untuk menggunakan ponsel yang anda miliki secara prosedural agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya hang.

Secara sederhana handphone terdiri atas dua komponen utama, yaitu hardware dan software. Baik software maupun hardware harus dalam kondisi prima untuk bisa menghasilkan sebuah performa yang bagus dan tidak mengalami hang. Jika terjadi kerusakan pada sektor software, maka kinerja ponsel akan menjadi bermasalah, begitu juga pada saat terjadi permasalahan pada sektor hardware kinerja ponsel tidak akan bisa berjalan normal.

Samsung adalah salah satu brand ponsel ternama dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips cara sederhana untuk mengatasi hp Samsung hang dengan metode pensolusian yang mudah. Cara ini memang tidak bisa dijadikan jaminan handphone Anda akan kembali normal, namun sebelum Anda membawanya ke tukang servis ada baiknya dicoba terlebih dahulu karena tingkat kerusakan ponsel yang menyebabkan hang juga cukup beragam dan tidak serta-merta karena ponsel sudah dalam kondisi sangat bermasalah.


Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hp Samsung hang :

Cabut memori eksternal (jika menggunakan memori eksternal). Bersihkan memori menggunakan komputer atau jika tidak ada data penting dalam memori tersebut Anda bisa memformatnya sekalian.

Jika memori sudah selesai Anda bersihkan atau Anda format, masukkan kembali memori tersebut ke ponsel. Apabila cara ini tidak bisa mengatasi masalah yang ada alias tetap hang, silakan lanjut ke cara berikutnya.

Reset pengaturan ponsel ke awal. Ada dua tip riset pada ponsel, yang pertama reset settingan, dan yang kedua reset total atau hard reset.

Pertama-tama Anda cukup mencoba reset settingan, dan apabila ponsel masih hang, maka Anda bisa me-reset total (hard reset). Perhatikan kinerja ponsel Anda, apakah masih terjadi hang.

Setelah menempuh beberapa cara diatas dan hp Anda masih hang, selanjutnya usaha perbaikan yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-upgrade software/firmware hp Samsung Anda. Anda bisa melakukan ini dengan cukup mudah dan tanpa biaya, karena Samsung menyediakan fasilitas upgrade firmware melalui situs resmi samsung. Untuk memulai langka upgrade firmware Samsung, silakan gunakan Samsung Kies.

Jika masih hang usai Anda menempuh empat tahapan perbaikan diatas, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan flashing. Jika tidak ada masalah pada sektor hardware, maka untuk menjadikan ponsel Anda kembali normal (tidak hang) adalah dengan melakukan flashing.

Apabila Anda punya keahilan dalam flashing hp, Anda bisa melakukannya sendiri, dan jika tidak pernah melakukannya, maka mau-tidak mau Anda harus membawanya ke tukang servis.

Demikian tips cara memperbaiki hp Samsung hang, semoga bermanfaat dan cara-cara diatas diharapkan dapat memberikan solusi pada ponsel Anda.

No comments:

Post a Comment