Blogger Widgets

Search This Blog

Thursday, 17 March 2016

Sejarah Transformasi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Dimulai dari "Chicago", Dimulailah Eranya Start Menu

Tombol dan Start menu Windows pertama kali muncul pada sistem operasi eksperimental dengan kode nama "Chicago". Terdiri dari 3 buah tombol berbeda, ikon start menu Windows Chicago ini terlihat cukup jadul.
windows-95-start-menu-chicago
  1. Ikon jendela Windows berguna untuk melakukan perintah dasar Windows serta
  2. Ikon kaca pembesar berguna untuk mencari aplikasi atau file-file tertentu
  3. Ikon tanda tanya dan informasi berisi tips-tips dasar serta "about" dari Chicago ini

Windows 95

windows-95-start-menu-95
Setelah melakukan eksperimen lewat Chicago, akhirnya Microsoft secara resmi menggunakan Start Menu pada Windows 95. Dari sinilah sejarah Start Menu dimulai. Sejak pertama kali muncul, tombol Start Menu sudah digunakan untuk mengakses berbagai menu serta aplikasi, masuk ke pengaturan komputer, dan juga untuk mematikan komputer. Terlihat familiar dengan logo ini? Berarti kamu pernah mengoperasikan komputer tua.

Windows 98-2000

windows-95-start-menu-2000
Windows 98 bisa dibilang sebagai era baru bagi Windows. Yang mana pada Windows 98 inilah dimulai adanya fungsi Taskbar di sisi bawah layar. Dan Windows 98 sendiri merupakan era awal fitur multi user di Windows. Untuk Start Menu sendiri logonya masih sama dengan Start Menu Windows 95, hanya saja sudah ditambahkan fungsi Log Off. Nah, lewat fungsi Log Off inilah pengguna Windows 98 hingga Windows 2000 bisa melakukan aktivitas multi user.

Windows XP

Sejarah Start menu mulai menajam seiring perbedaan mencolok yang diberikan Microsoft pada Windows XP. Jauh berbeda dengan Windows 95 dan Windows 98, Start Menu Windows XP hadir lebih cerah dengan dominasi warna hijau dan biru. Bahkan bukan hanya pada Start Menu saja, tapi dominasi warna hijau pun hadir di Taskbar dan tema tampilan default-nya.
windows-95-start-menu-XP
Secara tampilan keseluruhan, Windows XP juga berbeda pada menu yang ditampilkannya. Jika pada Windows 95 hingga Windows 2000 hanya ditampilkan satu bagian menu utama, di Windows XP mulai menggunakan dua bagian menu utama. Pada menu ini kamu bisa mengakses Quick Menu menuju pengaturan, dokumen dan lainnya; serta satu bagian menu untuk masuk ke aplikasi yang kamu tandai.

Windows Vista

Tidak lama berselang setelah Windows XP, Microsoft memperkenalkan Windows Vista. Disini Microsoft melakukan perombakan kembali pada Start menu. Dari desain Start Menu Windows XP bentuknya kotak memanjang dengan dominan warna hijau dan biru, Microsoft memperkenalkan tampilan Start Menu dengan bentuk bulat dengan background gelap tanpa tulisan "Start". Lebih terlihat minimalis.
windows-95-start-menu-vista
Namun bukan hanya membawa logo berbeda, Start Menu pada Windows Vista juga membawa fungsi baru. Di Windows Vista inilah Microsoft pertama kali memperkenalkan fitur Search. Cukup dengan klik Start menu, kamu bisa langsung mencari semua aplikasi dan file yang ada di komputer kamu. Selain itu, Microsoft juga membuat tampilan Log Off dan Sign Out dengan bentuk ikon.

Windows 7

windows-95-start-menu-7
Banyak dikomplain karena mempersulit saat akan melakukan Sign Out atau Log Off komputer, Microsoft membuat menu Sign Out lebih mudah diakses. Dan jika kamu teliti, bentuk tombol Start Menu Windows 7 lebih terlihat cerah dibanding pada Windows Vista. Sisanya hanya ada perbaikan di sisi efek transformasi saat membuka aplikasi atau menjalankan perintah.

Windows 8

Setelah digunakan selama 17 tahun, Microsoft akhirnya menghapuskan keberadaan tombol Start Menu pada tahun 2012 saat diperkenalkan Windows 8. Microsoft merombak total tampilan sistem operasi miliknya dengan tampilan Metro UI yang menampilkan tiles aplikasi. Penghapusan tombol Start Menu dirasa perlu oleh Microsoft, karena pengguna nantinya akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan berbagai aplikasi lewat tampilan tiles yang lebih besar dan mudah diakses. Disinilah kemudian dikenal istilah Start Screen.
windows-95-start-menu-8
Namun rupanya hal ini justru menjadi masalah. Karena pada dasarnya tile-tile pada Microsoft 8.1 ini bertujuan untuk memaksimalkan pengguna layar sentuh, maka bagi pengguna lama yang menggunakan layar biasa menjadi kurang menikmatinya.

Windows 8.1

windows-95-start-menu-8
Karena banyak pengguna Windows mengharapkan kembalinya Start Menu di Windows 8, akhirnya Microsoft kembali menghadirkan Start Menu pada Windows 8.1 dengan tetap mengusung tampilan Start Screen-nya. Meski Start Menu kembali hadir di Windows 8.1, namun fungsinya tidaklah sama seperti pada Windows 7 yang memberikan akses cepat ke berbagai aplikasi favorit, aplikasi terbaru, file manager, dan lainnya. Start Menu pada Windows 8.1 bisa digunakan untuk mencari fungsi Shut Down dan Log Off. Sayangnya peletakan Start Menu yang bersemnumyi di pojok kiri bawah membuat banyak pengguna tidak menyadari keberadaannya.

Windows 10

Setelah lama berada di tahap pengembangan, Windows 10 akhirnya menjadi loncatan besar oleh Microsoft. Tanpa menghadirkan Windows 9, Microsoft menciptakan Windows 10 untuk mempertahankan banyak fitur penting dari Windows 8 dan memadukannya dengan tampilan lama Windows 7. Ya, pada Windows 10 kamu bisa menemukan Start Menu khas Windows 7 yang akan menampilkan banya fungsi, serta masih ada juga Start Screen dalam bentuk tiles untuk memudahkan kamu mengakses beragam aplikasi favorit.
windows-95-start-menu-10
Yang menarik di Windows 10 bukan hanya kehadiran kembali Start Menu, melainkan juga transformasi logo Start Menu yang dibuat lebih besar dan membawa banyak fungsi intuitif dibandingkan versi sebelumnya. Di samping Start menu kamu akan menemukan Cortana, asisten pribadi Windows 10 yang siap melayani kamu dengan cepat.
Nah, itu tadi transformasi Start Menu dari masa ke masa. Semoga bisa menjadi bahan pengetahuan untuk kamu bahwa perubahan Start Menu selalu diikuti hadirnya fitur-fitur baru. Menurut kamu, Start Menu pada Windows mana yang lebih kamu sukai? Dan sekarang kamu menggunakan Windows mana?

No comments:

Post a Comment