Blogger Widgets

Search This Blog

Friday, 2 April 2010

TUGAS PENDAHULUAN PENGANTAR TEKNIK INFORMASI


-->
Soal :
1. Tuliskan operating system (OS) yang pernah ada, minimal 10 !
2. Tuliskan generasi – generasi “OS” windows, minimal 5 (lima) !
3. Tuliskan 5 komponen yang ada dalam windows XP !
Jawaban :
1.
a) Acorn
a. Arthur
b. ARX
c. RISC OS
d. RISCiX
b) Amiga
a. AmigaOS
c) Atari ST
a. TOS
b. MultiTOS
c. MiNT
a. Apple DOS
b. A/UX
c. ProDOS
d. GS/OS
e. Mac OS
g. Apple Darwin
e) Be Incorporated
a. BeOS
b. BeIA
c. Zeta
f) Digital/Compaq/HP
a. AIS
b. OS-8
c. ITS (untuk PDP-6 dan PDP-10)
d. TOPS-10 (untuk PDP-10)
e. WAITS
f. TENEX
g. TOPS-20
h. RSTS/E
i. RSX-11
j. RT-11
k. VMS
g) IBM
a. IBSYS
b. OS/2
c. AIX
d. OS/400
e. DOS/360
f. DOS/VSE
g. OS/360
h. MFT
i. MVT
j. SVS
k. MVS
l. TPF
m. ALCS
n. OS/390
o. z/OS, Unix-like
p. z/VM
q. z/VSE
r. Basic Operating System
s. PC-DOS
h) ICT/ICL
a. GEORGE
b. VME
c. DME
d. TME
a. MS-DOS
ii. Windows 2.0 (untuk 80286)
i. Windows NT 3.5
ii. Windows NT 4
iii. Windows 2000 (aka Windows NT v5.0)
iv. Windows XP (berbasis Windows 2000 secara internal, memiliki banyak edisi: Home Edition, Professional Edition, Starter Edition, 64-bit Edition, x64 Edition, Media Center Edition)
vii. Windows 7
d. Xenix
a. Solaris, Unix-like
b. SunOS, Unix-like, (menjadi Solaris)
k) OS berhak milik lainnya, Unix-like dan POSIX-compliant
a. Aegis/OS
b. Cromix
c. Coherent
d. DNIX
f. freeBSD
h. HP-UX
i. Idris
j. IRIX
k. Mac OS X
l. Menuet
m. NetBSD
n. NeXTSTEP
o. OS-9
i. OS-9/68k
ii. OS-9000
p. OSF/1
q. OpenBSD
r. OPENSTEP
s. Plan 9
t. Plan 9, Inferno
u. Rhapshody
v. RiscOS
w. SCO UNIX
x. System V
y. UNIflex
z. Ultrix
aa. UniCOS
2.
Ø Windows 95 (dirilis pada 1995). User interface benar-benar dirancang ulang sejak versi 3.x. Ini adalah versi Windows pertama di mana sebuah tombol ditambahkan ke setiap jendela (Minimal, Maximal dan Restore). Tim desain memberikan area (dapat diaktifkan, dinonaktifkan, dipilih, diperiksa, dll) untuk ikon dan grafis lainnya. Dan perkembangan pada versi ini untuk pertamakalinya adalah dengan adanya Tombol Start yang terkenal saat itu.Ini merupakan salah satu kemajuan Microsoft mengenai sistem operasi itu sendiri dan serta tampilan GUI.
Ø Windows 3.1 (dirilis pada 1992).Versi Windows disertai TrueType font yang pra-instal. Hal ini secara efektif untuk pertama kalinya Windows membuat sebuah desktop publishing platform fungsional.Sejak Windows 3.0, Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe sudah mulai berfungsi. Versi ini juga berisi skema warna bernama Hotdog Stand, yang berisi warna cerah merah, kuning dan hitam.Skema warna ini dirancang untuk membantu orang-orang yang buta warna saat melihat teks / gambar pada layar monitor.
Ø Windows 98 (dirilis pada 1998).Gaya ikon hampir sama seperti dalam Windows 95, dan untuk rendering seluruh GUI bisa menggunakan lebih dari 256 warna. Windows Explorer hampir sepenuhnya berubah dan “Active Desktop” muncul untuk pertama kalinya.
Ø Windows XP (dirilis pada 2001).Sejak sistem operasi dirilis, Microsoft cenderung sepenuhnya ke GUI, tidak terkecuali Windows XP. Pada versi ini tampilan GUI Windows mengalami perubahan total dan skinnable, sehingga pengguna dapat mengubah seluruh tampilan GUI serta tampilan Ikon pun dapat di ubah secara otomatis.

Ø Windows Vista (dirilis pada 2007).Ini adalah respon Microsoft kompetisi mereka. Mereka juga cukup banyak penambahan fitur 3D dan animasi. Sejak Windows 98, Microsoft telah selalu berusaha meningkatkan desktop. Dengan Windows Vista mereka merilis widget yang baik sebagai pengganti Active Desktop.

3.
Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang.
komponen – komponen windows xp
Desktop
memiliki 3 bagian utama, antara lain:
a. Start menu
Berfungsi untuk memilih menu dan menjalankan program aplikasi yang diinginkan.
b. Taskbar
Berfungsi untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan.
c. Recycle Bin
Berfungsi untuk menampung sementara file-file dokumen yang dihapus oleh user.
Control Panel
merupakan suatu default folder dari Windows yang berisi berbagai fasilitas yang berguna untuk mengatur fungsi-fungsi hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak). Untuk menampilkan jendela Control Panel, kita bisa membuka melalui Start menu atau melalui Windows Explorer.
Windows Explorer
merupakan tool yang dimiliki oleh sistem operasi Windows untuk mengatur file dan folder. Kegunaan dari Windows Explorer antara lain membuat dan/atau menghapus folder, melihat isi dari suatu disk (tempat penyimpanan file), mencari file, mengubah nama file atau folder, dan berbagai kegunaan lain yang berhubungan dengan penampilan file dan folder.
Start menu
Pada bagian kolom sebelah kanan Start menu, kita akan menjumpai beberapa fitur Windows secara umum. Berikut adalah penjelasan tiap fitur-fitur tersebut:
1) My Documents, My Pictures, dan My Music
My Documents folder merupakan tempat penyimpanan default berbagai jenis file, termasuk file gambar, musik, dan lain-lain.
Pada My Documents juga terdapat beberapa subfolder, yaitu:
o My Pictures
o My Music
o My Movies
2) My Computer
My Computer merupakan default folder yang menunjukkan informasi mengenai perangkat keras yang terhubung ke komputer. Kita dapat melihat jendela System Properties dengan cara klik kanan pada My Computer di Start menu, lalu klik pada pilihan Properties.
3) My Recent Documents
My Recent Documents merupakan default folder untuk menyimpan shortcut dari file dokumen yang pernah atau sering dibuka.
4) Control Panel
Control Panel merupakan default folder yang berisi fasilitas-fasilitas untuk mengatur fungsi-fungsi pada komputer kita, seperti program aplikasi, hardware (perangkat keras), koneksi jaringan, pengaturan tampilan Windows, pengaturan account sampai dengan fungsi Windows XP lainnya.
Pengenalan dan konfigurasi Control Panel akan dibahas pada bab selanjutnya.
5) Set Program Access and Defaults
Set Program Access and Defaults merupakan suatu fitur untuk mengatur konfigurasi suatu program aplikasi sebagai default application pada aktivitas tertentu, seperti web browsing, email client, dan lain-lain.
6) Network Connections / Connect To
Network Connections merupakan default folder yang berisi konfigurasi koneksi dial-up dan broadband, seperti koneksi local area network (LAN).
Jika komputer kita telah memiliki pengaturan suatu koneksi, maka pada pilihan opsi Connect To akan menampilkan jenis pengaturan koneksi tersebut sehingga memudahkan user (pengguna) untuk menjalankan koneksi tersebut.

No comments:

Post a Comment