Blogger Widgets

Search This Blog

Monday, 12 April 2010

Soal :
1. Apakah sesuatu yang disebut kecerdasan buatan hanya terdapat pada komputer?
2. Siapa penemu pertama virus komputer?
3. Sebutkan beberapa dampak positif dan negatif dari Teknik Informasi !
4. Apakah perbedaan antara multimedia dan virtual reality?
5. Apakah media internet yang telah terdapat pada handphone bias dikatakan sebagai media komunikasi?
6. Bagaimana peran basis data dalam mengurangi duplikasi data?


Jawaban :

1. Sperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Jadi, kecerdasan buatan tidak hanya terdapat pada komputer tetapi juga terdapat pada alat lain yang dapat menghasilkan kesimpulan dari masalah kita,aloat yang meniru pemikiran aslinya, serta yang dapat mencerna menggunakan logika mis: game di playstation,aplikasi kamus PD english yang terdapat pada HP symbian atau java, dll.

2. Virus komputer diperkirakan muncul pertama kali pada Januari 1986, disebut-sebut sebagai virus pertama untuk PC yang pernah dibuat. Virus ini menginfeksi boot sector media penyimpanan data dengan format DOS File Allocation Table (FAT). (c)Brain (nama virus ini) juga dikenal dengan sebutan virus Lahore, Pakistani, Pakistani Brain, Brain-A dan UIUC. Majalah Businessweek pada waktu itu menyebutnya Pakistani Flu. Percaya atau tidak, virus ini dibuat oleh dua orang bersaudara Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi yang ternyata masih berusia 19 tahun! Awalnya kakak beradik ini mengaku pada majalah Time bahwa mereka membuat virus ini untuk melindungi software pengobatan karya mereka dari pembajakan. Virus ini bahkan melengkapi diri dengan alamat dua bersaudara ini berikut tiga nomor telepon yang bisa dihubungi, tak ketinggalan sebuah pesan yang menyebutkan bahwa jika komputer user terinfeksi maka dianjurkan menghubungi mereka untuk vaksinasi. Ketika mereka mulai mendapatkan ribuan telepon dari orang-orang berbagai penjuru Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya,yang meminta vaksinasi untuk komputer mereka, kakak-beradik ini terperangah dan berusaha menjelaskan bahwa motivasi mereka bukanlah untuk kejahatan. Mereka akhirnya memotong kabel telepon dan menyesal telah membeberkan nomor telepon mereka sejak awal.

3. Dampak positif pemanfaatan teknologi
1. Misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet.
2. Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking).
3. Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk menunjang kegiatan bisnis.
4. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak, sehingga mengirit biaya kertas (paperless).
5. Sebagai contoh sarana pengiriman surat diganti diganti dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Dampak negatif teknologi terhadap manusia dapat disebutkan sebagai berikut :
1. Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya.
2. Seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainan bomber man.
3. Di bidang kriminalitas, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan.
4. Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding).
5. Kepribadian terhimpit, karena pengaruh informasi yang sifatnya global maka manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis.

4. Multimedia dapat disebut juga sebagai informasi – informasi yang biasa ditampilkan oleh suatu komputer.
Mulitimedia dikelompokkan dalam beberapa bentuk-bentuk pada suatu komputer yaitu:
• bentuk beragam = video, animasi, dll
• bentuk tradisional = teks, grafik, gambar, dll
Jd, multimedia adalah suatu informasi yang ditampilkan oleh komputer dalam beragam bentuk teks, grafik, gambar, video, animasi, dll. Yang dimana informasi itu dapat dapat juga ditampilkan seperti aslinya. Mis: video recorder. Sedangka Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
5. Ya. Karena dengan menggunakan internet melalui handphone, kita dapat melakukan hu8bungan atau sambu8ngan dengan orang – orang dari berbagai daerah secara online seperti mengunjugi situs – situs jejaring sosial facebook dan twitter atau langsung dengan bantuan alat atau aplikasi internet yang telah terprogram di handphone tersebut. Adapun aplikasi – aplikasi itu antara lain : mig33,Nimbuzz,Opera mini for moblie,dan Ucweb
6. Kemubaziran data atau duplikasi data, diakibatkan karena setiap aplikasi menggunakan data sendiri-sendiri . sehingga bila di setiap orang yang ingin membuat aplikasi atau program yang datanya terdapat pada daerah atau wilayah data yang sama dengan menggunakan datanya masing – masing walaupun dengan tujuan yang berbeda, pasti akan ada data yang mubazir atau terduplikasi. Oleh karena itu dibuatlah basis data agam meminimalisir duplikasi data

No comments:

Post a Comment