Blogger Widgets

Search This Blog

Monday, 12 April 2010

peranan manusia terhadap lingkungan

Manusia dibedakan dari sumber daya alam hayati lainnya karena manusia memiliki kebudayaan, akal, dan budi yang tidak dimiliki oleh tumbuhan maupun hewan. Meskipun paling tinggi derajatnya, namun dalam ekosistem, manusia juga berinteraksi dengan lingkungannya, mempengaruhi dan dipengaruhi lingkungannya sehingga termasuk dalam salah satu faktor saling ketergantungan.

Dalam pengklasifikasian biologi, makhluk hidup dibedakan atas dua kingdom yaitu: animalia (hewan) dan plantae (tumbuhan). Manusia dan biologi dimasukkan dalam kingdom animali, namun manusia dan hewan dapat dibedakan berdasarkan akalnya/insting/pemikiran. Karena adanya akal manusia memiliki logika, etika, dan estetika.
Hidup dan kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari pengaruh linkungan. Tuntutan kebutuhan hidup mendorong manusia beradaptasi dengan lingkungannya melalui berbagai cara sesuai kemampuan, bahkan dorongan ini tidak terbatas pada adaptasi, melainkan memotivasi memberdayakan mealui penyimpangan IPTEK. Pengembangan pola hubungan manusia dengan alam lingkungan ditentukan oleh rasa tanggung jawab manusia itu sendiri sebagai mahkluk dominana dalam memanfaatkan alam lingkungannya.
Manusia merupakan komponen biotik lingkungan yang memiliki daya pikir dan daya penalaran yang tinggi. Disamping itu manusia memiliki budaya, pranata sosial, dan pengetahuan serta teknologi yang makin berkembang.

Peranan manusia dalam lingkungan ada yang bersifat positif yang menguntungkan lingkungan, karena dapat menjaga dan melestarikan daya dukung lingkungan dan ada yang bersifat negatif yang secara langsung ataupun tidak langsung timbul akibat kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sumber daya merupakan segala potensi yang ada di alam atau di jagad raya untuk kepentingan dan kesejahteraan manusia. Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dibedakan atas sumber daya alam yang dapat diperbaharui (tumbuhan dan hewan) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (minyak bumi). Selain itu sumber daya manusia merupakan kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu, prilaku, dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya. Jika sumber daya habis, maka akan terjadi krisis-krisis energi.

Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berada disekitar individu baik intrinsik (lingkungan dalam) maupun ekstrinsik (lingkungan luar) tubuh. Misalnya, bakteri E.Coli yang ada didalam tubuh manusia yang membantu proses pencernaan dapat bersifat parasit didalam tubuh yang mungkin dikarenakan perubahan lingkungan, seperti mengkonsumsi makan basi atau beracun, yang akhirnya dapat menyebabkan diare.
Salah satu contoh perubahan lingkungan yang terjai saat ini ialah rusaknya terumbu karang yang dapat menyebabkan ikan yang hidup akan punah dan mudah terjadi abrasi. Solusi untuk menanggulanginya permasalahan ini yaitu mengadakan sosialisasi, pelaksanaan dan pemberian sanksi, memberikan dan mencarikan lapangan kerja yang lain.

No comments:

Post a Comment